KOMPETENSI KEL A RA AL MAWADDAH
Kompetensi | |||||
Pendidikan Agama Islam | |||||
KOMPETENSI DASAR | HASIL BELAJAR | INDIKATOR | |||
A | Anak dapat mengenal 6 aspek rukun Iman | 1. | Dapat mengenal Allah, sifat-sifatnya dan ciptaanNya | a. | Menyebutkan beberapa ciptaan Allah |
b. | Menyebutkan Asmaul Husna | ||||
2. | Dapat mengenal malaikat dan tugas-tugasnya | a. | Menyebutkan beberapa nama Malaikat dan tugasnya | ||
3. | Dapat mengenal Nabi dan Rasul Allah | a. | Menyebutkan beberapa nama nabi dan rasul Allah | ||
b. | Menceritakan kisah Nabi-nabi, Keluarga, Sahabat,dan meneladani . | ||||
4. | Dapat mengenal Kitab Suci umat Islam, huruf -huruf nya dan cara membacanya | a. | Menyebutkan Alqur'an sebagai Kitab Suci umat Islam | ||
b. | Menyebutkan huruf-huruf hijaiyah | ||||
c. | Membaca rangkaian huruf Hijaiyyah | ||||
d. | Iqro / Qiroati | ||||
e. | Menghafalkan beberapa surat pendek dalam Al Quran | ||||
f. | Menghafalkan beberapa hadits sederhana | ||||
B. | Anak dapat mengenal 5 aspek rukun Islam dan cara beramal saleh | 5. | Mampu mengucapkan dua kalimat syahadat | a. | Mengucapkan syahadat Tauhid dan Syahadat Rasul serta artinya |
6. | Mengenal shalat 5 waktu dan mampu melakukan tata caranya | a. | Mempraktekan cara berwudhu dan tayamum | ||
b. | Melakukan tahapan-tahapan dalam gerakan sholat | ||||
c. | Melafadzkan adzan dan iqomah | ||||
d. | Melafadzkan beberapa bacaan dalam sholat | ||||
7. | Dapat mengenal arti zakat dan shodaqoh | a. | Menyebutkan arti zakat dan shodakoh dan mengamalkannya | ||
8. | Mengenal arti Berpuasa dan berlatih melaksanakannya | a. | Menyebutkan Arti Puasa | ||
b. | Berlatih puasa semampunya | ||||
9. | Mengenal sholat ied dan berlatih melaksanakannya | a. | Menyebutkan arti sholat ied dan Mempraktekannya | ||
10. | Mengenal tata cara ibadah haji secara sederhana | a. | Menyebutkan tata cara haji secara sederhana dan memperagakannya | ||
11. | Mengenal tata cara qurban | a. | Menceritakan kisah asal usul qurban dan tata cara melaksanakannya | ||
12. | Mampu menyebutkan dan menghafal doa-doa harian | a. | Menghafalkan beberapa doa sehari-hari | ||
13. | Mampu menyebutkan, menghafal dan mempraktekan kalimat toyyibah | a. | Melafalkan beberapa kalimat Thoyibah | ||
b. | Menghafal dan mempraktekan kalimat toyyibah | ||||
Kompetensi | |||||
Akhlak Perilaku / sosial emosional | |||||
KOMPETENSI DASAR | HASIL BELAJAR | INDIKATOR | |||
A. | Anak memiliki akhlakul karimah dalam aktivitas sehari-hari | 1. | Mengenal tata cara berakhlakul kepada Allah | a. | Terbiasa membaca doa sebelum dan sesudah kegiatan |
b. | Berlatih khusyu dalam berdoa | ||||
c. | Adab mendengar adzan dan iqomah | ||||
d. | Terbiasa menjawab adzan | ||||
e. | Bersyukur atas kelebihan dan prestasi yang dicapai | ||||
2. | Mengenal tata cara berakhlak/ berperilaku terhadap sesama | a. | Berlatih hormat kepada orang tua dan guru | ||
b. | Terbiasa mengucapkan dan menjawab salam | ||||
c. | Terbiasa mengucapkan terima kasih,tolong dan permisi dengan baik | ||||
d | Mudah meminta maaf dan mau memaafkan | ||||
e | Tolong menolong dan dapat bekerja sama | ||||
f | Bersikap ramah terhadap sesama | ||||
g | Senang bersikap jujur | ||||
3. | Mengenal tata cara berakhlak/ berperilaku terhadap binatang dan alam | a. | Senang menyayangi binatang | ||
b. | Senang merawat tanaman | ||||
c. | Senang menjaga lingkungan | ||||
d. | Menggunakan air seperlunya | ||||
B. | Anak memiliki rasa tanggung jawab, percaya diri dan sikap disiplin | 4. | Dapat menunjukkan sikap kedisiplinan | a. | Terbiasa mengikuti tata tertib dan aturan sekolah |
b. | mau menerima dan menyelesaikan tugas dengan ikhlas | ||||
c. | Tepat waktu saat berangkat dan pulang sekolah | ||||
d. | Terbiasa berhenti bermain pada waktunya | ||||
e. | Rapi dalam bertindak,berpakaian dan bekerja | ||||
5. | Dapat bertanggung jawab | a. | Tanggung jawab atas tugas yang diberikan | ||
b. | Terbiasa mengembalikan mainan ke tempatnya | ||||
c. | Dapat membedakan milik sendiri dan sekolah serta orang lain | ||||
6. | Dapat menunjukkan sikap kemandirian | a. | Terbiasa mengambil makanan secukupnya dan makan sendiri | ||
b. | Berani karena benar dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar | ||||
c. | Terbiasa mengerjakan keperluannya sendiri | ||||
d. | Senang menjadi pemimpin dan mau dipimpin | ||||
7. | Dapat menunjukkan emosi yang wajar | a. | Mengendalikan emosi positif | ||
b. | Mengendalikan emosi negatif | ||||
Kompetensi Bahasa | |||||
KOMPETENSI DASAR | HASIL BELAJAR | INDIKATOR | |||
1. | Anak didik mampu berkomunikasi dengan lingkungan secara lisan, memiliki perbendaharaan kata-kata dan mengenal simbol-simbol | 1. | Dapat Mendengarkan, membedakan dan mengucapkan bunyi/ suara tertentu | a. | Menyebutkan berbagai bunyi /suara tertentu |
b. | Menirukan kembali 2 - 3 urutan angka dan urutan kata (latihan pendengaran) | ||||
c. | Menyebutkan huruf awal dari kata yang berarti | ||||
d. | Mengucapkan bunyi huruf akhir dari kata yang berarti | ||||
e. | Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita yang diceritakan guru | ||||
2. | Dapat Menjalankan beberapa perintah | a. | Melaksanakan 2 - 3 perintah sekaligus | ||
b. | Menunjuk, menyebutkan dan memperagakan gerakan-gerakan sederhana, misal : duduk, jongkok, berlari, makan, menangis dan sebagainya. | ||||
3. | Bertanya dan menjawab | a. | Bertanya dan menjawab pertanyaan apa,mengapa, dimana,berapa,bagaimana dan siapa secara lisan | ||
b. | Menyebutkan identitas diri | ||||
c. | Menjawab tentang cerita pendek (3-4) yang sudah diceritakan guru | ||||
4. | Dapat bicara lancar dengan kalimat sederhana | a. | Membuat kalimat sederhana | ||
b. | Melengkapi kalimat | ||||
c. | Menyempurnakan kalimat | ||||
5. | Memahami kata-kata yang menunjukkan posisi | a. | Menunjuk dan menyebutkan keterangan yang berhubungan posisi , keterangan tempat. | ||
6. | Dapat berkomunikasi / berbicara secara lisan | a. | Bercerita tentang kejadian disekitarnya secara sederhana | ||
b. | Memberi keterangan/informasi tentang sesuatu hal | ||||
7. | Bercerita gambar seri | a. | Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (2-3) gambar | ||
8. | Dapat Memperkaya kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi | a. | Menyebutkan sebanyak-banyaknya nama benda | ||
b. | Menyebutkan sebanyak-banyaknya kegunaan suatu benda | ||||
c. | Menyebutkan waktu ( Pagi, siang, malam ) | ||||
d. | Bercerita menggunakan kata ganti aku,saya dll | ||||
9. | Mengarang | a. | Menceritakan gambar yang telah dibuat sendiri | ||
b. | Menceritakan gambar yang telah disediakan | ||||
10. | Dapat mengenal bentuk-bentuk simbol sederhana | a. | Mengenal huruf | ||
b. | menulis huruf | ||||
c. | Membuat gambar dan coretan , tulisan tentang cerita gambar yang dibuatnya. | ||||
11. | Dramatisasi | a. | Mengekspresikan diri melalui dramatisasi | ||
b. | Melakukan gerakan pantomim secara sederhana | ||||
Kompetensi | |||||
Kognitif | |||||
KOMPETENSI DASAR | HASIL BELAJAR | INDIKATOR | |||
Anak mampu mengenal berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. | 1. | Dapat mengenal bilangan dan memahami konsep-konsep matematika sederhana | a | Menyebutkan urutan bilangan 1 sampai 10 | |
b. | Menghubungkan konsep bilangan dengan benda - benda sampai 5, | ||||
c. | Menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan contoh 0 -> 1, 00 -> 2, 00 -> 3 | ||||
d. | Menyebutkan hasil Penjumlahan dengan benda-benda | ||||
e. | Menyebutkan hasil Pengurangan dengan benda-benda | ||||
f. | Membedakan konsep bilangan kurang lebih, banyak sedikit, sama dan tidak sama | ||||
2. | Dapat mengenal berbagai pola dan bentuk geometri | a. | Menyebut dan menunjukkan bentuk-bentuk geometri | ||
b. | Mengelompokkan bentuk - bentuk geometri ( lingkaran, segitiga, segiempat ) | ||||
c. | Menyebutkan sebanyak-banyaknya benda yang ada di sekitar berdasarkan bentuk - bentuk geometri | ||||
d. | Menciptakan suatu bentuk dari kepingan geometri | ||||
3. | Dapat mengenal ukuran | a. | Menyebutkan macam-macam ukuran misal panjang dan pendek, berat dan ringan dsb | ||
b. | Menyebutkan alat - alat untuk mengukur | ||||
c. | Mempraktekan cara mengukur dengan satuan baku dan tidak baku misal baku dengan meteran, tidak baku dengan jengkal,depa. | ||||
d. | Membedakan konsep panjang - pendek,jauh-dekat,luas-sempit,berat - ringan,gemuk kurus, penuh -kosong, tebal tipis dsb | ||||
e. | Mengelompokkan benda menurut ukurannnya | ||||
4 | Dapat menyebutkan, menunjukan dan membedakan bermacam-macam warna | a. | Menyebutkan, menunjukkan dan membedakan 5 macam warna | ||
5 | Dapat mengenal konsep statistik - grafik secara sederhana | a. | Membuat grafik dengan menyusun hasil pengelompokkan misal warna kesayangan | ||
6 | Dapat mengenal klasifikasi sederhana | a. | Menyebutkan dan menunjukkan sebanyak-banyaknya benda - benda yang ada disekitar menurut warna, bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu | ||
b. | Membedakan benda - benda berdasarkan warna,bentuk, jenis, ukuran dll ( kasar-halus: tepung-pasir, besar-kecil : gelas-cangkir ) | ||||
c. | Mengelompokkan benda - benda berdasarkan warna, bentuk, jenis, ukuran dll | ||||
d. | Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya | ||||
KOMPETENSI DASAR | HASIL BELAJAR | INDIKATOR | |||
7. | Dapat mengenal konsep waktu | a. | Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu nama-nama bulan dalam satu tahun | ||
b. | Membedakan waktu ( pagi, siang, malam ) | ||||
8. | Dapat memecahkan masalah sederhana | a. | Mengerjakan " maze " ( mencari jejak ) yang sederhana | ||
b. | Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh ( 4-6 keping ) | ||||
9. | Dapat melakukan estimasi/perkiraan | a. | Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat 2 - 3 pola berurutan | ||
b. | Memperkirakan jumlah suatu benda | ||||
10. | Dapat mengenal konsep sains sederhana | a. | Mencoba dan menceritakan proses percobaan -pencampuran warna -menanam biji- terapung,melayang, tenggelam -balon ditiup lalu dilepaskan | ||
b. | Mencoba & menceritakan pengamatan dengan kaca pembesar dan magnet | ||||
c. | Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi bila benda-benda dijatuhkan ( Gravitasi ) | ||||
d. | Mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa bau dan suara | ||||
e | Mencampur dua bahan makanan/minuman | ||||
Kompetensi | |||||
Motorik Kasar | |||||
KOMPETENSI DASAR | HASIL BELAJAR | INDIKATOR | |||
A. | Anak menggerakkan dan mengkoordinasi seluruh anggota badan (Lokomotorik) | 1. | Dapat melakukan merayap,merangkak, memanjat, bergantung dan berayun | a. | Merayap merangkak dengan berbagai variasi lintasan |
b. | Memanjat,bergantung dan berayun | ||||
2. | Dapat melakukan variasi berjalan | a. | Berjalan,berjingkat,angkat tumit, berlari dengan berbagai variasi | ||
b. | Berjalan angkat tumit sambil membawa cangkir berisi air | ||||
c | Berjalan diatas papan titian dengan merentangkan tangan,membawa cangkir berisi air | ||||
d. | Berjalan maju mundur pada garis lurus | ||||
3. | Dapat melakukan melompat dengan berbagai variasi | a. | Meloncat dari ketinggian 20-50 cm sambil menghadap ke arah tertentu | ||
b. | Melompat dengan dua kaki bersama-sama ke muka, ke belakang, ke kiri, ke kanan | ||||
c. | Melompat dengan menggunakan berbagai variasi | ||||
d. | Melompat dengan satu kaki (engklek) | ||||
4. | Dapat menciptakan gerakan-gerakan yang mempunyai arti | a. | Melakukan senam yang dicontohkan guru dan senam fantasi | ||
b. | Menirukan berbagai gerakan binatang,tanaman,dll | ||||
B. | Anak mampu mengkoordinasikan gerakan tubuh di tempat (Non-Lokomotorik) | 5. | Dapat Menggerakkan anggota tubuh di tempat | a. | Melakukan berbagai variasi gerakan di tempat seperti : menggelengkan kepala, gerakan tangan, kaki, badan |
C. | Anak mampu mengkoordinasikan gerakan tubuh di tempat dengan menggunakan alat ( memproyeksi ) | 6. | Dapat menggerakkan anggota tubuh ditempat dengan menggunakan berbagai alat / media | a. | Menggerakkan tubuh dengan berbagai variasi menggunakan bola: melambung, memantulkan, menendang dsb |
b. | Menggerakkan tubuh dengan menggunakan kantong biji dengan berbagai variasi | ||||
c. | Menggerakkan tubuh dengan berbagai variasi menggunakan tongkat | ||||
d. | Menggerakkan tubuh dengan berbagai variasi menggunakan simpai | ||||
Kompetensi Fisik | |||||
Motorik Halus | |||||
KOMPETENSI DASAR | HASIL BELAJAR | INDIKATOR | |||
A. | Anak mampu menggerakkan anggota tubuhnya dalam rangka latihan kelenturan otot dan keterampilan jari tangan | 1 | Dapat menarik garis bervariasi | a. | Menarik garis datar,tegak,miring kanan,miring kiri,lengkung secara berulang-ulang. |
b. | Menjiplak | ||||
2. | Mampu mencontoh berbagai bentuk silang dan bentuk geometri secara bertahap | a. | Menebalkan bentuk dengan menggunakan titik-titik | ||
3. | Dapat mencontoh angka | a. | Menebalkan lalu mencontoh angka 1-5 dengan penulisan yang benar | ||
4. | Dapat mencontoh bentuk-bentuk sederhana | a. | Mencontoh bentuk-bentuk sederhana | ||
5. | Dapat meronce dengan merjan | a. | Meronce dengan pola bebas atau pola arahan | ||
6. | Dapat menciptakan bermacam-macam bentuk bangunan dengan menggunakan berbagai media | a. | Membentuk dengan media misal korek api, kotak sepatu ( bentuk masjid, rumah atau disesuaikan dengan tema ) | ||
7. | Dapat membuat sesuatu dengan menggunting, mencocok, dan merobek bebas | a. | Menggunting bebas atau berpola dengan berbagai media | ||
b. | Mencocok gambar sederhana atau gambar yang dibuat sendiri | ||||
c. | Merobek bebas atau sesuai pola | ||||
8. | Mampu menyusun menara | a. | Menyusun bangunan / menara minimal dengan 8 kubus | ||
9. | Dapat bertepuk tangan dengan bermacam-macam pola | a. | Menirukan pola tepuk tangan guru dengan pola : 102 - 1212 - 132 dsb contoh: 102 --> prok-kosong-prok prok | ||
10 | Dapat menjahit sederhana | a. | Menjahit berbagai bentuk pola, dengan menggunakan tali sepatu / benang wol, dsb. | ||
11. | Mampu menggunting kertas mengikuti berbagai macam bentuk | a. | Menggunting dan menempel sesuai dengan bentuk yang diinginkan, contoh : menggunting dan menempel bentuk geometri | ||
12. | Dapat melipat secara horizontal, vertikal dan diagonal menjadi bermacam-macam bentuk | a. | Melipat kertas sederhana yang di contohkan guru | ||
Kompetensi | |||||
Seni | |||||
KOMPETENSI | HASIL BELAJAR | INDIKATOR | |||
Anak menunjukkan kemampuan: Dapat mengungkapkan gagasan & daya ciptanya dalam berbagai bentuk | 1. | Dapat menggambar sederhana | a. | Menggambar bebas dengan berbagai media ( pensil warna, krayon, arang dll ) | |
b. | Menggambar bebas dari bentuk lingkaran,segi empat, segi tiga dll | ||||
c. | Menggambar orang, benda dengan lengkap secara sederhana. | ||||
d. | Membuat suatu gambar dengan mengarsir | ||||
e. | Mencap dengan berbagai media. | ||||
2. | Dapat mewarnai gambar dengan berbagai media | a. | Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan berbagai media | ||
b. | Mewarnai bentuk-bentuk geometri | ||||
3. | Dapat menciptakan sesuatu dengan media | a. | Membentuk dengan tanah liat / plastisin / adonan tepung | ||
b. | Kolase/Mozaik dengan berbagai media | ||||
c. | Ekspresi warna dengan menggunakan krayon, cat air,arang dsb | ||||
d. | Menciptakan suatu benda dengan berbagai media | ||||
e. | Membatik dan jumputan | ||||
4. | Dapat melukis dengan jari, kuas, dsb. | a. | Melukis bebas dengan jari (finger painting) | ||
b. | Melukis bebas dengan media yang disediakan guru | ||||
5. | Dapat membuat gambar yang telah dilihat dalam waktu tertentu | a. | Meniru bentuk sederhana yang telah diperlihatkan | ||
6. | Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana | a. | Menggerakkan kepala,tangan atau kaki sesuai dengan irama musik | ||
b. | Bergerak bebas sesuai dengan irama musik | ||||
c. | Melakukan gerakan tari sederhana sesuai irama musik | ||||
d. | Bergerak bebas sesuai dengan irama musik | ||||
7. | Dapat menyanyi dan memainkan alat musik secara sederhana | a. | Menyanyikan beberapa lagu anak-anak | ||
b. | Menyanyi lagu anak sambil bermain alat musik | ||||
c. | Membuat alat perkusi secara sederhana | ||||
KOMPETENSI KEL A RA AL MAWADDAH
Reviewed by RA ALMAWADDAH
on
17.02
Rating:

Post a Comment