Header AD

KOMPETENSI KEL A RA AL MAWADDAH


Kompetensi 



Pendidikan Agama Islam

KOMPETENSI DASAR HASIL BELAJAR INDIKATOR
A Anak dapat mengenal 6 aspek rukun Iman 1. Dapat mengenal Allah, sifat-sifatnya dan ciptaanNya a. Menyebutkan beberapa ciptaan Allah
b. Menyebutkan Asmaul Husna
2. Dapat mengenal malaikat dan tugas-tugasnya  a. Menyebutkan beberapa nama Malaikat dan tugasnya
3. Dapat mengenal Nabi dan Rasul Allah a. Menyebutkan beberapa nama nabi dan rasul Allah
b. Menceritakan kisah Nabi-nabi, Keluarga, Sahabat,dan meneladani .
4. Dapat mengenal Kitab Suci umat Islam, huruf -huruf nya dan cara membacanya                  a. Menyebutkan Alqur'an sebagai Kitab Suci umat Islam           
b. Menyebutkan huruf-huruf hijaiyah
c. Membaca rangkaian huruf Hijaiyyah
d. Iqro / Qiroati
e. Menghafalkan beberapa surat pendek dalam Al Quran
f. Menghafalkan beberapa hadits sederhana
B. Anak dapat mengenal 5 aspek rukun Islam dan cara beramal saleh 5. Mampu mengucapkan dua kalimat syahadat a. Mengucapkan syahadat Tauhid dan Syahadat Rasul serta artinya
6. Mengenal shalat 5 waktu dan mampu melakukan tata caranya a. Mempraktekan cara berwudhu dan tayamum
b. Melakukan  tahapan-tahapan dalam gerakan sholat
c. Melafadzkan adzan dan iqomah
d. Melafadzkan beberapa bacaan dalam sholat
7. Dapat mengenal arti zakat dan shodaqoh a. Menyebutkan arti zakat dan shodakoh dan mengamalkannya
8. Mengenal arti Berpuasa dan berlatih melaksanakannya  a. Menyebutkan Arti Puasa
b. Berlatih puasa semampunya
9. Mengenal sholat ied dan berlatih melaksanakannya  a. Menyebutkan arti sholat ied dan Mempraktekannya
10. Mengenal tata cara ibadah haji secara sederhana a. Menyebutkan tata cara haji secara sederhana dan memperagakannya 
11. Mengenal tata cara qurban a. Menceritakan kisah asal usul qurban dan tata cara melaksanakannya
12. Mampu menyebutkan dan menghafal doa-doa harian  a. Menghafalkan beberapa doa sehari-hari
13. Mampu menyebutkan,  menghafal dan mempraktekan kalimat toyyibah a. Melafalkan beberapa kalimat Thoyibah
b. Menghafal dan mempraktekan kalimat toyyibah


















Kompetensi 



Akhlak Perilaku / sosial emosional

KOMPETENSI DASAR HASIL BELAJAR INDIKATOR
A. Anak memiliki akhlakul karimah dalam aktivitas sehari-hari 1. Mengenal tata cara berakhlakul kepada Allah a. Terbiasa membaca doa sebelum dan sesudah kegiatan
b. Berlatih khusyu dalam berdoa
c. Adab mendengar adzan dan iqomah
d. Terbiasa menjawab adzan
e. Bersyukur atas kelebihan dan prestasi yang dicapai
2. Mengenal tata cara berakhlak/ berperilaku terhadap sesama a. Berlatih hormat kepada orang tua dan guru
b. Terbiasa mengucapkan dan menjawab salam
c. Terbiasa mengucapkan terima kasih,tolong dan permisi dengan baik
d Mudah meminta maaf dan mau memaafkan 
e Tolong menolong dan dapat bekerja sama
f Bersikap ramah terhadap sesama
g Senang bersikap jujur
3. Mengenal tata cara berakhlak/ berperilaku terhadap binatang dan alam a. Senang menyayangi binatang  
b. Senang merawat tanaman
c. Senang menjaga lingkungan
d. Menggunakan air seperlunya
B. Anak memiliki rasa tanggung jawab, percaya diri dan sikap disiplin 4. Dapat menunjukkan sikap kedisiplinan a. Terbiasa mengikuti tata tertib dan aturan sekolah
b. mau menerima dan menyelesaikan tugas dengan ikhlas
c. Tepat waktu saat berangkat dan pulang sekolah
d. Terbiasa berhenti bermain pada waktunya
e. Rapi dalam bertindak,berpakaian dan bekerja
5.  Dapat bertanggung jawab a. Tanggung jawab atas tugas yang diberikan
b. Terbiasa mengembalikan mainan ke tempatnya
c. Dapat membedakan milik sendiri dan sekolah serta orang lain
6. Dapat menunjukkan sikap kemandirian a. Terbiasa mengambil makanan secukupnya dan makan sendiri
b. Berani karena benar dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar
c. Terbiasa mengerjakan keperluannya sendiri
d. Senang menjadi pemimpin dan mau dipimpin
7. Dapat menunjukkan emosi yang wajar a. Mengendalikan emosi positif
b. Mengendalikan emosi negatif


















Kompetensi Bahasa

KOMPETENSI DASAR HASIL BELAJAR INDIKATOR
1. Anak didik mampu berkomunikasi dengan lingkungan secara lisan, memiliki perbendaharaan kata-kata dan mengenal simbol-simbol 1. Dapat Mendengarkan, membedakan dan mengucapkan bunyi/ suara tertentu a. Menyebutkan berbagai bunyi /suara tertentu                               
b. Menirukan kembali   2 - 3 urutan angka dan urutan kata                       (latihan pendengaran)                                   
c. Menyebutkan huruf awal dari kata yang berarti
d. Mengucapkan bunyi huruf akhir dari kata yang berarti
e. Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita yang diceritakan guru
2. Dapat Menjalankan beberapa perintah a. Melaksanakan 2 - 3 perintah sekaligus
b. Menunjuk, menyebutkan dan memperagakan gerakan-gerakan sederhana, misal : duduk, jongkok, berlari, makan, menangis dan sebagainya.
3. Bertanya dan menjawab a. Bertanya dan menjawab pertanyaan apa,mengapa, dimana,berapa,bagaimana dan siapa secara lisan
b. Menyebutkan identitas diri
c. Menjawab tentang cerita pendek (3-4) yang sudah diceritakan guru
4. Dapat  bicara lancar dengan kalimat sederhana a. Membuat kalimat sederhana
b. Melengkapi kalimat
c. Menyempurnakan kalimat
5. Memahami kata-kata yang menunjukkan posisi a. Menunjuk dan menyebutkan keterangan yang berhubungan posisi , keterangan tempat.
6. Dapat berkomunikasi / berbicara secara lisan a. Bercerita tentang kejadian disekitarnya secara sederhana
b. Memberi keterangan/informasi tentang sesuatu hal
7. Bercerita gambar seri a. Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (2-3) gambar
8. Dapat Memperkaya kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi a. Menyebutkan sebanyak-banyaknya nama benda
b. Menyebutkan sebanyak-banyaknya kegunaan suatu benda
c. Menyebutkan  waktu ( Pagi, siang, malam )
d. Bercerita menggunakan kata ganti aku,saya dll
9. Mengarang a. Menceritakan gambar yang telah dibuat sendiri
b. Menceritakan gambar yang telah disediakan
10. Dapat mengenal bentuk-bentuk simbol sederhana a. Mengenal huruf
b. menulis huruf
c. Membuat gambar dan coretan , tulisan tentang  cerita gambar yang dibuatnya.
11. Dramatisasi a. Mengekspresikan diri melalui dramatisasi
b. Melakukan gerakan pantomim secara sederhana






Kompetensi



Kognitif



KOMPETENSI DASAR HASIL BELAJAR INDIKATOR
Anak mampu mengenal berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. 1. Dapat mengenal  bilangan dan memahami konsep-konsep matematika sederhana a Menyebutkan urutan bilangan 1 sampai 10 
b. Menghubungkan konsep bilangan dengan benda - benda sampai 5,  
c. Menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan contoh 0 -> 1, 00 -> 2, 00 -> 3 
d. Menyebutkan hasil Penjumlahan dengan benda-benda
e. Menyebutkan hasil Pengurangan dengan benda-benda
f. Membedakan konsep bilangan kurang lebih, banyak sedikit, sama dan tidak sama
2. Dapat mengenal berbagai pola dan bentuk geometri a. Menyebut dan menunjukkan bentuk-bentuk geometri
b. Mengelompokkan bentuk - bentuk geometri                                   ( lingkaran, segitiga, segiempat )
c. Menyebutkan sebanyak-banyaknya benda yang ada di sekitar berdasarkan bentuk - bentuk geometri
d. Menciptakan suatu bentuk dari kepingan geometri
3. Dapat mengenal  ukuran a. Menyebutkan macam-macam ukuran misal panjang dan pendek, berat dan ringan dsb
b. Menyebutkan alat - alat untuk mengukur
c. Mempraktekan cara mengukur dengan satuan baku dan tidak baku misal baku dengan meteran, tidak baku dengan jengkal,depa.
d. Membedakan konsep panjang - pendek,jauh-dekat,luas-sempit,berat - ringan,gemuk kurus, penuh -kosong, tebal tipis dsb
e. Mengelompokkan benda menurut ukurannnya
4 Dapat menyebutkan, menunjukan dan membedakan bermacam-macam warna a. Menyebutkan, menunjukkan dan membedakan 5 macam warna 
5 Dapat mengenal konsep statistik - grafik secara sederhana a. Membuat grafik dengan menyusun hasil pengelompokkan misal warna kesayangan
6 Dapat mengenal klasifikasi sederhana a. Menyebutkan dan menunjukkan sebanyak-banyaknya benda - benda yang ada disekitar menurut warna, bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu
b. Membedakan benda - benda berdasarkan warna,bentuk, jenis, ukuran dll ( kasar-halus: tepung-pasir, besar-kecil : gelas-cangkir )
c. Mengelompokkan benda - benda berdasarkan warna, bentuk, jenis, ukuran dll 
d. Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya






























KOMPETENSI DASAR HASIL BELAJAR INDIKATOR
7. Dapat mengenal konsep waktu a. Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu nama-nama bulan dalam satu tahun
b. Membedakan waktu ( pagi, siang, malam )
8.  Dapat memecahkan masalah sederhana a. Mengerjakan " maze " ( mencari jejak ) yang sederhana

b. Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh                                      ( 4-6 keping )
9. Dapat melakukan estimasi/perkiraan a. Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat 2 - 3 pola berurutan
b. Memperkirakan jumlah suatu benda
10. Dapat mengenal konsep sains sederhana a. Mencoba dan menceritakan proses percobaan -pencampuran warna  -menanam biji- terapung,melayang, tenggelam -balon ditiup lalu dilepaskan
b. Mencoba & menceritakan pengamatan dengan kaca pembesar dan magnet
c. Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi bila benda-benda dijatuhkan ( Gravitasi )
d. Mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa bau dan suara
e Mencampur dua bahan makanan/minuman










































































































































































Kompetensi 



Motorik Kasar

KOMPETENSI DASAR HASIL BELAJAR INDIKATOR
A. Anak menggerakkan dan mengkoordinasi seluruh anggota badan (Lokomotorik) 1. Dapat melakukan merayap,merangkak, memanjat, bergantung dan berayun a. Merayap merangkak dengan berbagai variasi lintasan
b. Memanjat,bergantung dan berayun
2. Dapat melakukan variasi berjalan a. Berjalan,berjingkat,angkat tumit, berlari dengan berbagai variasi
b. Berjalan angkat tumit sambil membawa cangkir berisi air
c Berjalan diatas papan titian dengan merentangkan tangan,membawa cangkir berisi air
d. Berjalan maju mundur pada garis lurus
3. Dapat melakukan melompat dengan berbagai variasi a. Meloncat dari ketinggian 20-50 cm sambil menghadap ke arah tertentu
b. Melompat dengan dua kaki bersama-sama ke muka, ke belakang, ke kiri, ke kanan
c. Melompat dengan menggunakan berbagai variasi
d. Melompat dengan satu kaki (engklek)
4. Dapat menciptakan gerakan-gerakan yang mempunyai arti a. Melakukan senam yang dicontohkan guru dan senam fantasi
b. Menirukan berbagai gerakan binatang,tanaman,dll
B. Anak mampu mengkoordinasikan gerakan tubuh di tempat (Non-Lokomotorik) 5. Dapat Menggerakkan anggota tubuh di tempat a. Melakukan berbagai variasi gerakan di tempat seperti : menggelengkan kepala, gerakan tangan, kaki, badan
C. Anak mampu mengkoordinasikan gerakan tubuh di tempat  dengan menggunakan alat   ( memproyeksi ) 6. Dapat menggerakkan anggota tubuh ditempat dengan menggunakan berbagai alat / media a. Menggerakkan tubuh dengan berbagai variasi menggunakan bola: melambung, memantulkan, menendang dsb
b. Menggerakkan tubuh dengan menggunakan kantong biji dengan berbagai variasi
c. Menggerakkan tubuh dengan berbagai variasi menggunakan tongkat
d. Menggerakkan tubuh dengan berbagai variasi menggunakan simpai




























































Kompetensi Fisik


Motorik Halus



KOMPETENSI DASAR HASIL BELAJAR INDIKATOR
A. Anak mampu menggerakkan anggota tubuhnya dalam rangka latihan kelenturan otot dan keterampilan jari tangan 1 Dapat menarik garis bervariasi a. Menarik garis datar,tegak,miring kanan,miring kiri,lengkung secara berulang-ulang.
b. Menjiplak 
2. Mampu mencontoh berbagai bentuk silang dan bentuk geometri secara bertahap a. Menebalkan bentuk dengan menggunakan titik-titik
3. Dapat mencontoh angka a. Menebalkan lalu mencontoh angka 1-5 dengan penulisan yang benar
4. Dapat mencontoh bentuk-bentuk sederhana a. Mencontoh bentuk-bentuk sederhana
5. Dapat meronce dengan merjan a. Meronce dengan pola bebas atau pola arahan
6. Dapat menciptakan bermacam-macam bentuk bangunan dengan menggunakan berbagai media a. Membentuk dengan media misal korek api, kotak sepatu          ( bentuk masjid, rumah atau disesuaikan dengan tema )
7. Dapat membuat sesuatu dengan menggunting, mencocok, dan merobek bebas a. Menggunting bebas atau berpola dengan berbagai media
b. Mencocok gambar sederhana atau gambar yang dibuat sendiri
c. Merobek bebas atau sesuai pola
8. Mampu menyusun menara  a. Menyusun bangunan / menara minimal dengan 8 kubus
9. Dapat bertepuk tangan dengan bermacam-macam pola a. Menirukan pola tepuk tangan guru dengan pola :                102 - 1212 - 132 dsb                                                               contoh: 102 --> prok-kosong-prok prok
10 Dapat menjahit sederhana  a. Menjahit berbagai bentuk pola, dengan menggunakan tali sepatu / benang wol, dsb.
11. Mampu menggunting kertas mengikuti berbagai macam bentuk a. Menggunting dan menempel sesuai dengan bentuk yang diinginkan, contoh : menggunting dan menempel bentuk geometri
12. Dapat melipat secara horizontal, vertikal dan diagonal menjadi bermacam-macam bentuk a. Melipat kertas sederhana yang di contohkan guru






























Kompetensi



Seni



KOMPETENSI HASIL BELAJAR INDIKATOR
Anak menunjukkan kemampuan: Dapat mengungkapkan gagasan & daya ciptanya dalam berbagai bentuk 1. Dapat menggambar sederhana a. Menggambar bebas dengan berbagai media ( pensil warna, krayon, arang dll )
b.  Menggambar bebas dari bentuk lingkaran,segi empat, segi tiga dll
c. Menggambar orang, benda dengan lengkap secara sederhana.
d. Membuat suatu gambar dengan mengarsir
e. Mencap dengan berbagai media.
2. Dapat mewarnai gambar dengan berbagai media a. Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan berbagai media
b.  Mewarnai bentuk-bentuk geometri
3. Dapat menciptakan sesuatu dengan media a. Membentuk dengan tanah liat / plastisin / adonan tepung
b.  Kolase/Mozaik dengan berbagai media
c. Ekspresi warna dengan menggunakan krayon, cat air,arang dsb
d. Menciptakan suatu benda dengan berbagai media
e. Membatik dan jumputan
4. Dapat melukis dengan jari, kuas, dsb. a. Melukis bebas dengan jari (finger painting)
b. Melukis bebas dengan media yang disediakan guru
5. Dapat membuat gambar yang telah dilihat dalam waktu tertentu a. Meniru bentuk sederhana yang telah diperlihatkan
6. Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana a. Menggerakkan kepala,tangan atau kaki sesuai dengan irama musik
b. Bergerak bebas sesuai dengan irama musik
c. Melakukan gerakan tari sederhana sesuai irama musik
d. Bergerak bebas sesuai dengan irama musik
7. Dapat menyanyi dan memainkan alat musik secara sederhana a. Menyanyikan beberapa lagu anak-anak

b. Menyanyi lagu anak sambil bermain alat musik
c. Membuat alat perkusi secara sederhana












KOMPETENSI KEL A RA AL MAWADDAH KOMPETENSI KEL A RA AL MAWADDAH Reviewed by RA ALMAWADDAH on 17.02 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD